Powered by Blogger.

April 30, 2013

Experiencing Windows 8

Gw dan Fun bener bener tipe orang di belakang meja (baca: demen berjam-jam di depan laptop ketimbang jalan jalan ato ngobrol ngobrol). Sebelumnya, masing masing dari kita itu, pegang laptop 2 bijik, satu laptop pribadi, satunya lagi laptop dari kantor. Gak tau kenapa, kita berdua ini selalu kebiasaan dari dulu, suka bawa kerjaan ke rumah. Jadi, di rumah bisa ngejogrok 4 laptop. Nah karena itu juga, bisa tuh kita dua duaan di kamar, trus masing masing sibuk sama kerjaannya. Bahkan sampe sekarang, pun ketika gw udah nggak kerja. Errrrrr, ini contoh yang baik atau bukan ya?

Tapi kemudian, laptop pribadi-nya Fun dilungsurkan ke adiknya, sehingga Fun cuma punya laptop dari kantor, yang penggunaannya pasti terbatas. Gak mungkin sembarangan install program dan kalaupun harus install ya mesti yang original. Jadi kalo Fun mau otak atik photoshop, itu mesti pake laptop gw. Gw sendiri, sekarang cuma pegang satu laptop pribadi karena udah nggak kerja. Laptop ini udah menemani gw bertahun-tahun, dibeli dengan uang sendiri setelah bekerja. Buat gw, laptop ini 'one of my everythings'. Bisa dibilang, I can't live without it. Tapi, walopun Fun sering pinjem ini laptop, dia paling demen ejek ejek laptop gw, lantaran ni laptop sangat kurang maintenance. Namapun gw ya, mana ngerti soal maintenance PC. Pake ya pake aja, kalo lagi eling kadang suka gw defrag, itu pun setaon sekali kayaknya. Seringnya sih ini laptop kejatuhan makanan trus gw males bersiinnya, ato jatoh dari tempat tidur.

Satu hal yang paling Fun gak suka dari laptop gw adalah ini laptop selain lemot, panasnya minta ampun. Kalo simpen telor di samping laptop gw, insya Allah akan matang sodarah-sodarah! Nah, jadi, menurut hemat Fun, karena saking buruknya ini laptop gw, maka sebaiknya gw dibeliin laptop baru. Begini lah Fun kalo (alhamdulillah) lagi ada rejeki pinginnya beliin apa apa buat orang sekelilingnya, sekalipun orang sekelilingnya ini nggak minta. Gw sebenernya sama sekali nggak kepikir buat ganti laptop, karena menurut gw laptop ini masih nyaman banget, seburuk-buruknya Fun menghina, gw cinta mati sama laptop ini, kemungkinan besar karena laptop pribadi pertama, jadi inget tetes keringet buat ngebelinya dulu, gw sayang banget ama nih laptop. Tapi karena gw pikir, Fun rada maksa *lirik Fun* jadi gw iya-in aja deh waktu Fun mau beliin gw laptop. Gw pikir pikir lagi, dengan adanya laptop baru, gw bisa lungsurkan laptop lama ke adik gw.

Soooo, Sabtu yang lalu akhirnya kita ke ES Alam Sutera sono. Udah ada dua brand yang dibidik sama Fun, dan akhirnya kami memilih S*ny yang katanya lebih bandel. Sempat terjadi kebimbangan harus milih laptop yang mana lantaran gw pingin laptop yang warna pink tapi gak ada stock-nya dan dengan spec yang lebih rendah, sementara sarannya Fun adalah laptop dengan spec lebih tinggi tapi warna putih. Biasanya gw suka banget sama gadget warna putih, udah berapa kali beli HP putih terus warnanya. Tapi kali ini gw nggak suka warna putih, karena pink kok kayaknya lebih cantik. Aduh asli deh, biasanya gw gak suka gadget in pink, tapi kali ini gw suka banget! Cap cip cup kembang kuncup, karena gw males berdebat dan perut udah perih juga, biar cepet gw putuskan untuk memilih yang warna putih aja. Karena kalo yang warna pink, Mas-nya harus ngambil di Teras Kota. Wew! Keburu gw muntah :( Jadi, keputusan finalnya, bukan berdasarkan spec-nya begini begitu buat gw, gw cuma pingin cepet selesai ajah :)

Sampe rumah, karena kepikir laptop lama bakal dibawa ke Cilegon, maka buru-buru gw pindahin data ke hard disk external, sementara Fun sibuk install program ini itu di laptop baru. Gw pikir ini euforia dia lah dengan laptop baru ini. Dia kan udah lumayan lama gak pegang laptop pribadi, jadi bisa punya mainan. Begitu data selesai gw pindahin ke HDE, laptop langsung dibawa bokap ke Cilegon. Trus Fun ajarin gw dikit dikit cara mengoperasikan laptop dengan O/S Windows 8 ini. Karena gw gak excited dengan laptop baru ini, jadi gw iya iya aja deh. Dalem hati sih ntar belajar sendiri deh. Masa sih gitu aja nggak bisa? *sombong*

Naaaaaaah, hari Minggunya Fun berangkat ke Riau untuk urusan kantor. Tau sendiri gw orangnya yang kalo ketemu gadget bisanya cuma tereak, "Fuuuun, ini gimana ya? Aku nggak ngerti." Fun sih biasanya sabaaaaar banget ngajarin gw, gw-nya malah yang sering, "Susah banget deh Fun, kamu aja deh yang ngerjain." Glek! Jadiiiiii, bener aja deh kejadian. Begitu gw nyalain laptop, trus muncul tampilan desktop yang nggak ada Menu START-nya, I feel lost so sudden. Udah diajarin sih sebenernya sama Fun.. Bukan gw lupa yah. Tapi gw merasa, dengan hilangnya menu START dan banyak yang berpindah posisi serta beberapa aplikasi gak ada tombol close atau minimize-nya, gw bener-bener merasa tersesat dan..apa ya, males aja gitu, kalau mau close aplikasi harus Alt+F4 dulu, trus mau lihat aplikasi apa aja yang udah gw buka mesti Alt+Tab dulu. Aaaaakkkk! Aku ingin menangis rasanya. Karena gw putus asa, akhirnya gw berniat untuk Shut Down aja, dan eng ing eng.. Loh, kok tombol Shut Down-nya nggak ada??? Buru-buru gw sms Fun, dan katanya harus Ctrl+Alt+Del. Hmmm, sebenernya ini rumusan common banget yah. Tapi gw merasa gw dipaksa berpikir keras dengan O/S baru ini.

Percobaan pertama gw, jelas gagal total. Setelah rasa kesel gw hilang, gw coba lagi pake laptop ini, sebenernya laptopnya enak banget, cuma O/S-nya ini loh.. Benar-benar membuat gw merasa seperti di hutan dan tak tahu jalan pulang. Semakin gw coba, entah mengapa gw semakin kesal. Buru-buru gw sms Fun dan bilang gw gak suka sama "yang baru ini". Nih gegara laptop, bikin gw uring-uringan beberapa hari. Abis, dipake ngeselin, nggak dipake, gw gak punya laptop lagi. Mamaaaaa, kembalikan laptop bututku T____T

Asli! Gw kangen berat sama laptop gw. Gw tumpahkan semua unek unek gw sama Fun. Sampe akhirnya kita berdua berantem sendiri. Fun meminta gw untuk beradaptasi dengan O/S baru, sementara gw udah desperate banget dan Say No sama ini O/S. Dan gw minta laptop lama gw ditarik lagi. Gw tau, bokap pasti sedih kalo laptop gw diambil lagi. Tapi ketimbang gw selalu merasa tersesat setiap hari, gw mending pake laptop butut tapi gw nyaman dan produktif aja deh.

Fun juga jadinya bereaksi lebay menurut gw, dia jadi pingin beliin gw laptop baru dengan O/S Windows 7 ajah yang lebih nyaman di gw. Menurut gw itu lebay sangat deh. Gak ada dalam kamus gw, beli laptop banyak banyak. Ya yang gw beli ini juga bukan yang mahal, tapi rasanya sama sekali nggak lucu kalo harus beli laptop baru LAGI. Malam itu, gw sama Fun nggak dapet titik temu. Fun keukeuh mau beliin gw laptop baru, sementara gw mau laptop gw yang buruk rupa itu kembali. I want my dignity, hahahahaha! Kita berdua seperti biasa, suka lebay merespon sesuatu. Gw ntah kenapa sampe nangis sendiri dan gak lanjutin ngomong via telpon di malam itu. Gw dieeeemmm aja saking keselnya. Bukan apa apa, gw kan dari awal emang gak kepikir pingin ganti laptop, nah setelah 'terpaksa' ganti laptop, gw dipaksa 'ganti suasana' lagi. Kalo makin bikin nyaman sih gw seneng, lah ini???

Selepas malam itu, gw sama sekali nggak sentuh laptopnya. Musuhan ceritanya. Sebenernya stres sendiri jadinya. Mengingat sehari-hari biasanya di depan laptop terus ngerjain yang nggak penting. Gw sempet pasang iklan mau jual laptopnya tuh di Facebook, tapi entah kenapa gw apus lagi. Apakah ini pertanda..?

Nah, saking penasarannya, begitu pulang dari Riau, Fun langsung mau kasih tutorial intensif soal cara mengoperasikan Win 8 yang menurut dia mudah. Astaga, dia bilang mudah lagi. Makin ilfil yah gw. Gw sampe browsing tuh, ini gw-nya yang bodoh, apa emang O/S-nya yang canggih? Berdasarkan hasil pencarian gw sih, penjualan Win 8 ini gak sebagus yang generasi sebelumnya yah? Yaaaaa, apalah gw bicara soal gadget, gak usah didengerin karena emang gw nggak ngerti apa apa sama sekali. Cuma gw minta satu hal aja sih, kenapa sih O/S yang baru lebih ribet daripada yang sebelumnya. Bukan kah yang lebih sederhana dan user friendly itu lebih baik? Atau gw yang salah?

Sekali diajarin, gak mau juga gw kenalan sama ini O/S. Dua kali nggak mau. Tiga kali nggak mau. Seterusnya nggak mau. Fun akhirnya putus asa dan cariin gw apakah laptop dengan O/S Win 7 masih available di pasaran. Ternyata masih ada, tapi yang gw mau, mahalnya minta ampun. Puter otak lah Fun, serasa konsultan gw aja. Tanya tanya gw nggak nyamannya dimana. Apa aja yang harus diubah. Intinya sih, gw pingin semua tampilannya seperti laptop gw yang dulu (masih Win Vista) dan gw gak suka dengan adanya aplikasi aplikasi yang tampil di desktop.

Singkat cerita, Fun uplek uplek sampe bisa memunculkan Menu START dan menghilangkan tampilan desktop-nya. Jadi gw bisa mengoperasikan seperti Window yang lainnya. Caranya gimana, mohon tanya Fun aja ya. Katanya Fun sih nggak susah, tapi gw males untuk tau :P *tipe tipe generasi lama*. Yah begitu, akhirnya sekarang gw bisa mengoperasikannya seperti Windows sebelumnya. Alhamdulillah akhirnya gak perlu beli laptop baru. Gak perlu buang laptop yang ini, apalagi mesti narik laptop butut dari adik gw.

Kalo dipikir pikir kesian ya Microsoft udah canggih canggih desain O/S begini trus ketemu orang macam gw, dibalikin ke bentuk awal yang mungkin masih jadul. So, Microsoft, wanna bring START Menu back for people like me?

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger Template by Emporium Digital 2008

Back to TOP