Powered by Blogger.

May 09, 2013

Belajar Usaha

Gw sebelumnya nggak pernah punya cita cita untuk buka usaha. Maksudnya, buka usaha itu bukan impian besar gw. Sepertinya gw tipe tipe pekerja kantoran biasa aja. Bukan apa apa, ini semata mata karena gw belum pernah 'kenal dunia usaha' sama sekali, jadi nggak kebayang harus gimana kalau mau buka usaha. Cuma satu hal yang kebayang soal buka usaha itu, yaitu cuma yang enak-enaknya aja. Heuhue, maklum sejak jadi auditor lihat uang ratusan milyar yang dimiliki banyak orang itu bikin mata 'melek', trus mikir enak ya kalo punya uang segitu banyak. Hahahahaha. Trus mikir keras kok bisa ya para debitur itu pinter banget dalam mengais rejeki.

Semakin sering review usaha debitur, gw semakin kagum sama orang orang etnis China yang kenceng banget usahanya. Di dunia kerja gw sendiri, rata-rata kolega gw berasal dari etnis China. Gw sering banget terbengong-bengong ketika salah seorang teman MT dulu menjelaskan suatu logika bisnis yang kok kayaknya kompleks banget, tapi dia menjelaskan ke gw dengan sangat sederhana. Buat gw, itu langit ketujuh banget deh. Lama lama gw jadi sedikit lebih memahami cara berpikir mereka dan paham kenapa ada kalimat, "Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China" itu. Dan lagi, mereka itu bukan hanya pintar soal bisnis, tapi memang displin sekali *angkat topi*. They're trully awesome!

Kembali ke soal cita cita, kadang suatu kondisi dapat mengubah cita-cita seseorang ya? Menurut saya (sih) begitu. Karena suatu keterpaksaan, akhirnya saya mulai belajar buka usaha. Horrrrrraaayyyy *gunting pita*. Akh jangan dibayangin yang keren-keren ya. It's just a peanut, a very little peanut! Tapi rasanya kayak lagi mengelola usaha milyaran rupiah. Hahahahaha. Namanya juga newbie alias zero experience, jadi rasanya takuuuut banget kalo sampe menghadapi kerugian. Lah wong menghadapi opportunity loss aja saya takut :((

Sempet baca blog seseorang, bahwa katanya, jika ingin membuka usaha, baiknya dari apa yang kita sukai. Naaaah, gw kan emak emak yang suka kalap nggak jelas liat baju bayi dan tetek bengeknya yang lucu lucu itu, jadinya gw membuka sebuah online shop baju dan perlengkapan bayi. Jiaaaaah, emak emak banget kan gw? Udah gitu ketinggalan pula, orang mah udah dari kapan tau gitu ya menguasai bisnis ini. Lah gw baru mau mulai, dan berani beraninya nulis di blog pulak! Gw gak bermaksud sharing, gw cuma mau cerita. Karena ini usaha belum ada apa-apanya banget deh. Mau diapain ini bisnis aja, gw belum kebayaaaang. Mamaaaaa aku minta modal satu milyar donk. Hahahahaha.

Tapiiiii, kalo kita mengeluh soal modal, gw jadi malu sama pedagang asongan yang begitu pedenya buat jualan *toyor diri sendiri*. Jadi walopun modalnya cuma seuprit, jalan aja dulu gimana? Youk. youk.

Trussss..

Kenapa gw milih bisnis ini?

Pertama, hobby belanja gw jadi tersalurkan (LOH???). Meski belanja kali ini seratus persen berbeda dengan belanja biasanya. Kenapa? Ya karena ini untuk usaha, jadi mesti hati hatiiiii banget. Nggak bisa asal tunjuk karena, namanya toko baru, harus bisa menggunakan modal secara optimal dalam rangka mengisi stock. Gw harus pilah pilih barang yang lucu lucu (karena nggak semua baju bayi itu lucu ya ternyata) dan diferensiasi produk yang penting banget! Beneran penting banget ya, karena begini, kalau mau dapet dengan harga murah pas belanja, kita kan harus ngambil grosiran, yang artinya, satu produk aja bisa banyak banget jumlahnya. Sementara, kita kan pinginnya barang-barangnya bervariasi gitu. Biar seru kalo introduce toko kita ke calon customer.

Kedua, market-nya masih luas banget. Coba deh menurut data statistik, berapa banyak bayi yang lahir dalam sehari (ada yang bisa bantu? LOL!). Yah, singkat kata sih, cuma usaha jual baju bayi doank sik yang kepikiran di otak gw. Kalo ngomong soal pengen, pengennya sih punya toko offline. Apa daya belum sanggup buat bayar sewa tokonya. Jadiiiii, mari kita balik lagi ke prinsip "Jalan aja dulu, gimana?" Nah, enaknya online shop kan gak perlu bayar sewa toko tapi bisa mencapai market seluas luasnya. Maksudnya, bisa sampe seluruh penjuru tanah air. Nggak seputaran Karawaci doank :D  Kemarin udah pernah ada yang order dari Makassar dan Balikpapan. Alhamduuuulilllaaaaah..

Gw membidik pasar (ceilah) para ibu ibu justru yang belum pernah gw kenal sama sekali. Setidaknya untuk saat ini gw belum kepikiran untuk memperkenalkan usaha ini ke temen temen gw. Karena gw pikir, hubungan yang ingin gw bangun ini, will be just a sellers-buyers relationship. Karena gw tau gimana sebelnya kalo di Facebook ada temen temen yang tiap hari kerjanya tagging their products, sementara gwnya pingin 'temenan biasa' aja. Nah trus gak mungkin kan gw remove temen-temen gw itu?

Soooo, kali ini, gw mau jualan sama emak emak yang niatnya emang pingin belanja. Jadi gw nggak perlu punya hurt feeling seandainya mereka nggak temenan lagi di Facebook, ato nggak follow gw lagi di Twitter. Kan mereka nggak kenal gw :P Intinya sih, detik ini gw belum siap seandainya ada temen gw yang remove gw di Facebook lantaran home gw isinya jualan semua. Kalo sampe suatu saat nanti ada temen temen yang gak sengaja mampir ke online shop gw, trus order dan mereka hepi sih gw bersyukur banget. Negatifnya sistem ini, emang agak susah buat cari koneksinya, karena mereka belum tau kredibilitas gw.

Tapiiii, alhamdulillahnya lagi, customer yang ada punya kepercayaan yang tinggi terhadap online shop gw. Kebanyakan mereka langsung transfer begitu beres order. Ikkkkkh seneng banget mamaa! Liat ada mutasi kredit di rekening, rasanya berjuta deh. Udah gitu, so far customer-nya gak ada yang rese. Yaaaaah, yang sibuk nanya sana nanya sini trus gak jadi beli sih banyak. Tapiiii, namanya juga dagang yah. Gw harus terbiasa dengan itu. Inget inget diri sendiri suka masuk toko tanya ini itu trus bilang makasi doank :D

Nah, jadiiiiii, andalan gw dalam memasarkan produk sih, harapannya bisa jualan melalui website, dan socmed macam Twitter dan Facebook. Tapi karena website belum jadi juga *lirik web designer amatiran kita*, jadi gw aktifnya di Twitter. Kareeeenaaaa, jaman sekarang ternyata susah banget add friends di Facebook. Gw udah tiga kali diblokir sama Facebook lantaran kebanyakan add friends. Yang pertama gw diblok 2 hari, trus 4 hari, dan sekarang 7 hari sodara sodara. Mark Zuckerberg, kamu jahat! Hiks. Jadiiii mau nggak mau gw lebih aktif di Twitter. Semua penjualan gw saat ini berasal dari Twitter, tapi (sementara ini) gw belum bisa bilang kalo Twitter ini efektif, karena sales gw masih segitu segitu aja.

Jadi salah siapa?

Ya salah gw doonk. Iya, jadi ternyata, untuk dapet sales yang bagus, emang bener bener harus aktif di socmed. Kalo gw rajin pasti adaaaa aja yang order. Nah kalo emang si males lagi menyerang bertubi-tubi (karena twitting or posting yang itu itu aja somehow ngebosenin loh), itu emang nggak ada order sama sekali loh. Namanya START UP ya, kan belum banyak yang tau toko kita. Harap maklum, dunia jualan ini beda banget dengan dunia perauditoran dulu. So I have to change my mind set. Gw yang tadinya kaku dan galak (RRRRAAAWRRRR), sekarang gw dituntut untuk lebih ramah daaaaan fleksibel. Dulu yang kalo nanya sama orang, "Bu, ini kenapa begini? Kan harusnya begini." Nah sekarang mesti begini, "Bunda, youk diintip koleksi terbaru kami." Jelas bukan gw banget kan? Tapi kalo inget biaya Kicca sekolah nanti bakal mahal, jadi semangat deh keluarin kata kata sakti itu.

Tapi, banyak hal dari pekerjaan sebagai auditor dulu yang bisa gw terapkan di sini. Misalnya, soal pencatatan. Gw bisa pake metode kerja gabrukan dulu dalam keteraturan (bahasa apa pula ini bah?). Maksudnya, gw dulu pas jadi auditor itu bekerja bener bener dalam ketidakteraturan tapi di pikiran semuanya harus in order. Dulu pas jadi auditor, file itu berarakan di segala penjuru ruang kerja. Gak tau yang mana punya gw, yang mana punya temen gw, yang mana punya auditee. Everything was in a mess. Gak jarang gw kerja di lantai sambil ngedeprok juga karena meja penuh dengan file (keliatan ya auditor itu kerennya cuma pas masuk gedung doank). Seberapa pun parahnya tingkat keberantakan ini, tetep harus dituntut berpikir dengan teratur. Sama kayak sekarang, ternyata pusing loh ketika banyak yang nanya barang, trus gw sibuk obrak abrik itu barang dagangan dan harus balikin teratur seperti semula. Kadang gw rada stres, tapi inget jaman dulu yang lebih berantakan, gw gak boleh menyerah donk ya. Masa ngurus begituan aja gak bisa sih ya..

Trus apa perasaannya setelah belajar buka usaha?

Ini sih cerita tentang emak emak yang lagi sibuk dalam pencarian jati dirinya ya. Awal pas gw belanja barang, senengnya minta ampun. Pas barang datang apalagi. Ikh gilaaaak, ini lucu bangetttt, buat Kicca aja yah? *kekepin baju lucu, boneka, slabber* Huahahahaha *lirik shareholder di sebelah*. Godaan terbesarnya adalah pingin ambil tiap item buat Kicca. Sekarang sih udah mulai bisa tahan diri. Ingeeetttt, kata orang jualan, "Untung seperak juga dipake buat modal lagi." *lemes deh*. Seneng banget waktu dapet first order. Alhamdulillah, saking senengnya gw sampe cerita sama emak gw, trus emak gw bilang begini sodara sodara, "De, uangnya dikipas kipas ke dagangan biar laris." Astaga, mamaaaa! Uangnya kan ditransfer sama customer-nya. Hahahahaha.

Perasaannya lagi, stres tiap ada yang banyak tanya, ini cukup buat berapa bulan? Jedddeerrr. Gw bener bener nggak ngerti ukuran baju anak bayi. Karena dari Kicca umur 4 bulan, dia udah pake baju umur setaon dan kesempitan pula. Dimana logika? Kalo udah begini gw suka frustasi sendiri di depan barang dagangan yang berantakan. Ternyata, pelajarannya adalah, product knowledge itu penting! Pantes dulu gw disuruh ngapal produk bank sampe berbusa. Jadi ini tho ya maksudnya. Hahahahaha.

Tapiiii, kepuasannya itu sungguh tak terhingga mana kala, ada yang message, "Mom, barangnya udah nyampe. Barangnya lucu lucu sekaliii." Huaaaa. Feels like on a cloud nine! Rasanya semua keringet, perasan otak gimana susahnya memahami produk bayi bayi itu terbayar sudah. LUNAS. Apalagi kalo sampe ada yang bilang, "Mom ntar kabarin kalau ada yang baru lagi ya." Atoooo, "Mom, aku KALAP!" Huahahahaha. Silahkan menerima efek diriku yang pandai memilih perintilan yang lucu lucu *sambil kekepin sepatu dan kaos kaki buat Kicca*

Trus, apalagi?

Mind set changing ini ternyata sedikit banyak berpengaruh positif dalam tata kelola keuangan gw. Dulu kalo abis gajian kan, langsung aja ya melipir ke ITC ato mall mana lah itu, buat sekedar belanja ato makan makan (sebagai reward kerja keras selama sebulan). Nah barusan gw bilang sama Fun, aku mau makan Sushi doonk. Si Fun jawabnya begini, emangnya profitmu udah cukup buat makan Sushi? Huaaaaa. Jadi mikir kan lo? Trus jadi gak tega sendiri deh. Iya yaaaa, ini kan masih jauh dari penghasilan sebagai auditor dulu. Jadi, gimana kalo kita puasa makan Sushi dulu?

Nah, akhirnya gw pake BB sodara sodara. Karena ternyata kalo OL shop gak punya BB itu susah ya. Tapi, as you ever know before, gw paling gak suka dikejar kejar orang masalah pribadi lewat BB, jadi ini BB hanya digunakan untuk usaha aja. I won't give you. I won't. Karena saya tidak ingin membuat kalian kecewa kenapa saya nggak pernah balas BB message kalian.

Gw masih kurang disiplin nih dalam menjalankan ini semua. Masih angot angotan. Padahal katanya, sepi ato rame, jadwal buka toko harus konstan kan ya? Aduh tolong ingatkan saya doonk pemirsa, kasian nih si shareholder udah nunggu bagi bagi dividen aja, trus kalo si CEO-nya males malesan kayak gini kapan mau bagi bagi dividen yah?

Terakhir! Gw dari dulu percaya sama yang namanya "siklus keberhasilan". Bahwasanya, ketika kita memulai sesuatu yang Insya Allah baik, pada masa awal, kamu akan diberikan buah hasil yang manis, agar kamu dapat bersemangat dalam menggapai keberhasilan selanjutnya. Dan akan ada tahap dimana, kamu akan menghadapi kesulitan yang amat sangat, yang saya yakini betul, bahwa itu lah tahap dimana kamu akan memperoleh keberhasilan terbaik. Tsah!

Makasih udah dengerin celotehan emak emak yang masih belum menemukan jati dirinya ini :)

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger Template by Emporium Digital 2008

Back to TOP