Powered by Blogger.

December 23, 2013

Test Masuk Sekolah

It's blogging time. Haha! *pasang muka nakal*

Di saat hawa liburan mengalahkan segalanya dan.. emang kerjaan kan masih low load dalam 4 bulan ini. Hihihi. Ada baiknya kita ngeblog aja ya..

Iya jadiiii, Sabtu kemarin, Kicca has experienced an enrollment test. Halah. Anak toddler test apaan sih? Gw udah kebayang dari jauhjauh hari sebelumnya kalo it would be so much easy. Palingpaling gw yang banyak ditanya-tanya, harapan masukin Kicca sekolah apa. Semacam itu lah. Eh ternyata nggak.

Enakan gw cerita dari awal dulu aja kali yah..

Dua minggu yang lalu. Kami sepakat mau masukin Kicca ke Toddler class di Islamic Village School. Sebagai emak bapak yang sok sibuk, sampe detik terakhir tangal 20 Dec kemaren itu, kita belum aja sempet balikin formulir pendaftaran sekolahnya Kicca. Pertama menunda-nunda *jitak* lama-lama sibuk beneran. Tapi alhamdulillahnya, untuk Toddler katanya nyante aja. Balikin pas hari test masuk juga nggak apa-apa. *cium semua guru satu-satu*

Trus, pagipagi jam 9 kita berangkat dari rumah. Biasalah gw, agak drama kalo mau bawa Kicca bepergian. Sibuk mikirin makanannya gimana, bajunya, diapers-nya, susunya (ini jadi gak terlalu penting since frekuensi menyusu Kicca di siang hari sudah semakin berkurang). Alhamdulillah jalanan lancar, walopun deket, Lippo - Islamic, kalo lagi kumat macetnya, suka agak nyebelin. Tapi pagi yang fitri itu semua enak. Cuma gw yang deg-degan perihal..

Satu. Emak rempong yang agak berat untuk pake kerudung *dicambuk di neraka*. Pas mau berangkat, Fun warning gw, "Sayang kamu harus bawa pasmina atau semacamnya itu lah untuk nutupin rambut, karena tadi aku lihat gak ada yang gak pake kerudung." Well okay, cari-cari pashmina kemudian cussss..

Kedua. Jam-jam segitu adalah jam Kicca bobo. Kebayang kalo dia ngantuk trus rungsing trus ngamuk. Walopun belum pernah kejadian Kicca ngantuk kemudian ngamuk, tapi gw takut banget itu terjadi.

OK cerita tentang keadaan sekolahnya dulu. Hari itu di sekolah cukup rame, karena selain pendaftaran sekolah gelombang pertama, juga bagi rapor anak-anak. Parkiran hampir penuh. Sepertinya, gw juga belum terlalu paham sekolah ini, sekolah terbagi menjadi 2 kawasan ya.. Karena di area sekolah yang kami masuki itu kok kayaknya gak besar-besar amat, mengingat Islamic Village ini mencakup Toddler sampai SMA, ada SBI-nya pula!

Soal suasana gimana? Suasana di sana alhamdulillah kerasa ya Islami banget. Anak-anak sekolahnya berpakaian muslim semua, termasuk pas masuk area sekolah TK, Playgroup dan Toddler. Kami (gw, Otosan Kicca, Kicca, adek gw, eyang -- berasa mau ngelenong yah) disambut 2 orang sepertinya guru atau tenaga administrasi. Langsung mengantri untuk administrasi sebentar, kemudian.. Salah seorang guru bilang, "Mama diisi ya formulirnya. Mama bisa tunggu di R. Tunggu, nanti dipanggil, anaknya masuk ruang test." Dipanggil mama begitu kok rasanya semriwing ya.. It's probably too early to send Kicca to school, sampe-sampe gw masih agak kikuk dipanggil Mama dan harus nganter anak sekola macem begini.

Selepas gw selesai nulis formulir yang isinya tentang kegiatan Kicca sehari-hari, gw lihat Kicca lagi jerit-jerit sambil dadah-dadah ke gw saking senengnya. Kalo liat dari responnya sih, gw harusnya gak merasa worry ya Kicca perlu sekolah apa nggak. I bet she will enjoy all the activities at this school, hopefully..

Setelah ngantri cukup lama, akhirnya Kicca berhasil masuk ruang test bersama satu anak toddler lain yang ternyata tidur. Jadi lah Kicca sendirian di test-nya. Awal-awal, Kicca cuma mau main sama gw. Lendot-lendotan di paha gw sambil mandangin Miss-nya dengan penuh curiga. Alhamdulillahnya ni anak bayi nggak nangis, walopun dia belum bisa akrab sama Miss-nya. Tapi dengan dia nggak nangis aja udah lumayan banget. Sempet sih, pas ada Miss lain yang masuk, udah mau nangis aja dia. Tapi alhamdulillah nggak jadi. Reffot urusannya kalo dia sampe nangis. Oiya, Kicca ini paling takut dengan orang dewasa yang berkerudung. Lihat Eyangnya berkerudung aja dia biasanya nangis kejer. Tapi ini nggak. Alhamdulillah (lagi).

Jadi inti dari test ini adalah, melihat bagaimana respon si anak terhadap rangsangan yang ada. Karena usia Kicca masih cukup kecil (sekarang 13 bulan dan July nanti 20 bulan) maka dari itu Kicca distimulus dengan diberikan sekeranjang mainan yang isinya buah-buahan, sayur-sayuran dan binatang. Awalnya, Kicca masih malu-malu untuk ngerespon mainan. Dan lama-lama Kicca mulai merespon dengan mulai berani ambil mangga (hampir dimakan), belimbing, apel, anggur, dan harimau :) Sebenernya, Kicca masih lebih merespon stimulus dari gw dibanding stimulus dari Miss-nya. Apalagi waktu gw nyanyiin theme song-nya Barney. Dia langsung duduk tegak dan.. JOGET. Hahahaha. Good girl!

Di sela-sela Miss-nya sibuk analisa respon Kicca, Miss-nya ajak Kicca main donat gitu dia nggak tertarik. Begitu donatnya digulirkan dia cuma ngeliatin dan cari-cari, tapi nggak mau ngambil. Maklum, dia biasa main gasing yang muternya lebih cepet, jadi dia agak males, ato mungkin karena ngantuk juga. Tapi begitu mau pulang, dia tiba-tiba nyahut, kalo donatnya masih ada yang ketinggalan. Hihihi.

Ada satu hal yang jadi PR banget buat gw, bahwa Kicca belum merespon kalo ditanya, hidung mana? Mata mana? Tangan mana? Gw emang gak fokus untuk ajarin itu. Aiyah kelupaan. Maap. Sekarang udah masuk catatan gw nih.. Gw sendiri nggak ngoyo sebenernya Kicca udah pinter ini itu atau belum. Karena banyak kemajuan lain yang Kicca udah capai. Dan itu semuanya dilakukan dengan bermain selama ini. Dan gw kirim Kicca ke sekolah itu sama sekali nggak kepikir dia bakal jadi anak hebat di usia segini. Cuma pingin dia punya tempat bermain yang mengarahkan kepada keislaman aja.

So far, gw puas dengan test hari itu. Miss-nya juga ramah-ramah. Gw gak sempet keliling-keliling sekolahnya untuk observe ada mainan apa aja. Kata Otosannya Kicca sih ada kolam renangnya. Kemarin gw lihat ada lapangan bola. Asyikkk, Kicca bisa lari-larian nanti. Oya, satu hal sih yang ketangkep mata kemarin, pasalnya ada satu anak toddler yang gw cerita ketiduran itu. Dia sebelumnya jatuh karena tersandung. Sepenglihatan gw, memang ubin-ubin teras di sana tidak rata, maksudnya ada yang lebih tinggi, lebih rendah, dan itu agak membahayakan untuk anak-anak yang suka berlarian ya. Hmm, mungkin sedikit masukan untuk sekolah Islamic Village :)

Pulang dari sana, cuss ke Summarecon buat makan. Mumpung ada Eyang biar bisa makan enak :) Trus mampir ke toko mainan cari miniatur binatang seperti di sekolahnya Kicca nanti. Alhamdulillah hari itu berjalan baik. Kicca lancar test-nya. Gak tidur selama test apalagi rewel. Kicca tidur justru di pangkuan gw selama perjalanan ke SMS. Makannya juga lancar. Seneng banget dia ikut makan ikan bakar gitu. Jadi pas jalan-jalan yang cuma sebentar itu, dia menikmati sambil jejeritan ngeliat apa yang dia suka. *kecup Kicca*

Nah, Selasa besok, jam 11 pengumuman penerimaan. Semoga Kicca diterima ya.. Bingung soalnya mau disekolain dimana ini anak bayi kalo sampe gak keterima di sini. Hihihi, rasanya kayak nunggu pengumuman UMPTN!

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger Template by Emporium Digital 2008

Back to TOP